Langsung ke konten utama

Cara Menjadi Dropshipper di Jaknot

Dijaman sekarang, siapa sih yang tidak ingin menambah penghasilan? Banyak orang melakukan bisnis atau sesuatu yang menguntungkan, termasuk bisnis online. Apalagi kita nih yang masih pemula dan minim banget pengetahuan tentang bisnis. Berbisnis online bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu  yang masih berstatus mahasiswa atau bahkan karyawan yang ingin menambah penghasilan atau belajar berbisnis. Salah satu jenis bisnis online yang bisa Kamu coba adalah bisnis dropship. Ya, bisnis online ini umumnya populer di kalangan mahasiswa atau karyawan yang memiliki banyak waktu luang karena kemudahan dan keuntungan yang didapatnya. Atau beberapa dari kalian justru sudah memulainya nih,,

Buat yang belum tau, aku jelasin dikit yaa.. dropship ini sebuah sistem bisnis yang mana Kamu sebagai Dropshipper tidak perlu memiliki barang atau sistem pergudangan yang rumit.  Kamu hanya memerlukan sebuah modal awal saja. katakanlah 1 juta saja sudah cukup, tergantung Kamu mau fokus menjual barang di range harga berapa. nantinya kamu hanya butuh Supplier barang yang mau di ajak kerjasama dropship. jadi semua urusan barang, penyiapan barang, pengiriman ke Pembeli akan di lakukan oleh supplier. kamu cuma fokus pada promosi barang lalu jika Kamu mendapat pesanan barang maka hubungi Supplier untuk mengirim barang pesanan Pembeli. maka Supplier akan menghitung ongkos kirim dan harga barang sesuai dengan harga jual Supplier. kamu harus mentransfer harga yang sudah di sepakati antara Kamu dan Supplier. setelah proses transaksi Kamu selesai maka Supplier akan segera mengirim barang pesanan ke kurir. lalu kamu akan mendapat nomor resi hasil pengiriman tadi.

Nah, setelah tau konsep bisnis dropship, langkah selanjutnya adalah kamu harus menyiapkan sebuah akun di beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan lain-lain. Akun ini berfungsi untuk menampung segala hal tentang produk yang kamu jual istilahnya lapak dagangan. Kamu juga boleh promosi lewat media sosial seperti  WA, IG, FB, Twiter, dan sebagainya.

Mencari supplier yang bisa diajak kerjasama untuk dropship memang susah – susah gampang. Tapi kamu bisa mulai mencoba  salah satu tempat dropship sejuta umat yaitu Jakarta Notebook atau disingkat Jaknot.

Untuk proses yang lebih mudah, sebaiknya Kamu memiliki minimal laptop dan internet. Boleh juga pake komputer desktop. Karena laptop/desktop lebih mudah dalam hal melakukan pengaturan dan pengolahan lapak di marketplace. Selain itu laptop/desktop lebih mudah digunakan untuk copy paste gambar –gambar produk yang kamu jual serta deskripsi barang di Jaknot. Kamu juga harus punya akun mobile banking supaya proses transaksi lebih mudah dan cepat tidak perlu jauh2 transfer via ATM.

Berikut langkah  - langkah awal memulai transaksi di Jaknot :



Hal pertama yang harus lakukan adalah membuat akun di Jaknot. Pastikan kamu mengisi data yang diminta saat Registrasi dan klik link verikasi di emailmu.

2.    Setelah proses bikin akun di Jaknot selesai maka pilih barang yang akan kamu jual, atau lebih gampangnya kamu bisa menjual barang yang kamu suka atau sudah pernah menggunakan barang tersebut.

3.    Perhatikan informasi ketersediaan barang , disitu terdapat informasi stok ready atau habis. pilih barang yang ready lalu ambil aja gambar barang di situ untuk di tempel di lapak marketplace kamu. Ambil  gambar – gambarnya beserta deskripsi produknya.

4.   Tentukan harga atau margin yang kamu inginkan untuk mendaptkan keuntungan. Missal jika ada barang sebuah produk seharga 450.000 Kamu bisa menjualnya di lapak Kamu dengan harga 500.000. atau terserah Kamu mau ambil untung berapa.

Nah, pada saat barang yang kamu jual di lapak marketplace atau toko online-mu  ada yg membeli  dan pembeli sudah tranfer dana ke rekening bersama di marketplace . Dana tidak akan di kirim ke rekening kamu sebelum transaksi selesai. maka Kamu harus gunakan modal awalmu dulu. Kemudian  cari produk yang terjual tadi di Jaknot. Lihat apakah stoknya masih tersedia. jika masih tersedia maka lakukan proses pembelian. Tulis nama pembeli, alamat lengkap dan pilih kurir sesuai dengan pilihan pembeli. lalu lakukan pembayaran. Jika pembayaran di nyatakan lunas maka tunggu pihak Jaknot melakukan pengiriman barang ke pembeli. nanti akan ada informasi resi dan status pengiriman dari Jaknot. ambil nomor resi dan tempelkan di input resi di lapak marketplacemu.

Cara belanja sistem dropship di Jaknot :

  1. Pilih produk pesanan Pembeli lalu pilih “Dropship” lalu klik Lanjut ke “Pembayaran” 

  1. Tulis nama dan alamat lengkap pembeli. dan tentukan ekspedisinya




3.  lakukan pembayaran sesuai dengan akun bank Kamu. pilihannya cuma ada 2 bank yaitu BCA dan Mandiri. ingat tranfer sesuai dengan total belanja. jangan di bulatkan. misal total belanja Rp 197.711,- maka tranferlah sesuai dengan jumlah tersebut. Lalu konfirmasi pembayaran.


 

5.    4. Buka Purchase History pada menu akun Kamu dan lihat transaksi yang Menunggu Pembayaran. Selesaikan pembayaran sesuai arahan yang tertera di keterangan pembayaran sehingga transaksimu bisa langsung diproses.





Jika menememukan kendala atau petunjuk detail mengenai traksaksimu, kamu juga bisa menanyakan permasalahan mu di fasilitas Chat Customer Service yang ada di kolom kanan bawah.

Itulah beberapa langkah memulai bisnis online dengan drosphip di Jaknot. Selamat mencoba dan semoga sukses, hehe .  Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan ya. Salam

 

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Tapi sekarang bkalau mau gratis ongkir di marketplace sudah disediakan resi otomatis. Kalau seperti itu gmn kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, jika seperti itu bisa dicoba dengan menjalin komunikasi dengan sellernya, agar nantinya bisa diinput atau ditulis sesuai resi yang kita dapat / resi otomatis. Jadi dari pihak seller mengirimkan barang dengan resi yang kita dapat dari pihak marketplace. Begitu kira - kira.
      Semoga membantu 😊

      Hapus

Posting Komentar